Online Vehiche Tracking System

Geographic Information System (GIS) memberikan kemudahan bagi kita untuk menganalisa data secara geografis. Salah satu pengembangan GIS adalah integrasi dengan GPS (Global Positioning System) dan Mobile Communication (GSM Network). Dengan teknologi ini maka kita dapat melakukan monitoring terhadap perangkat seperti kendaraan atau lainnya secara real time berbasis lokasi. Secara umum system tracking memiliki dua kategori komponen yakni :
1. Perangkat elektronik yang di install pada kendaraan.
2. Software Applikasi pemetaan yang digunakan sebagai pusat control.

arsitektur

Arsitektur Standard Sistem Tracking

Perangkat elekronik yang di install pada kendaraan adalah berupa GPS tracker yang terhubung secara elektronis dengan system kendaraan. Disini fungsi utama GPS adalah menerima sinyal lokasi dari satelit kemudian melalui jaringan GSM (GPRS) ditransmisikan ke Pusat Kontrol untuk ditampilkan pada applikasi peta. Selain itu perangkat ini juga dapat berfungsi untuk memantau fungsi kendaraan seperti kecepatan kendaraan, bahan bakar, penguncian pintu, bahkan sampai pada pengendalian mesin kendaraan.

Contoh GPS Tracker :
IntelliTrac X1

x1

Spesifikasi :

Fitur : Mendapatkan Posisi, tracking, journey logging, geo fencing, remote output control, main power alarm, power management

Hardware : dimensi 90 mm x 66 mm x 30 mm, berat :130 gr, GPS receiver 12 channel, Datum WGS 84, Powersource 8 – 30V DC

Periperal : GPS receiver, GSM receiver, i/o power cable, RS 23

Software Applikasi pemetaan digunakan di pusat control sebagai pengendali system. Posisi kendaraan dapat ditampilkan secara interaktif pada peta digital. Tidak hanya itu system ini dapat merekam semua pergerakan yang dilakukan oleh kendaraan, membuat laporan berbasis lokasi seperti jarak, kecepatan yang ditempuh dan penggunaan bahan bakar. Bahkan input / perintah seperti lock windows dan mematikan mesin kendaraan dapat dilakukan dari pusat control.trace

Digital Map di Pusat Kontrol

Tentunya system seperti ini akan sangat berguna untuk memantau efektifitas kinerja personil di lapangan terutama bagi perusahaan perusahaan armada seperti taksi dan distribusi logistik. Semua aktivitas kendaraan dapat diketahui dan dikontrol dari pusat kendali sehingga mampu membantu management menentukan kebijakan yang berhubungan dengan lokasi. Tidak hanya itu system ini merupakan ramuan yang sangat mujarab untuk mencegah kendaraan dari pencurian. Di banyak Negara termasuk Indonesia system ini digunakan oleh perusahaan asuransi untuk mengurangi biaya premi asuransi yang disebabkan oleh pencurian kendaraan sehingga kerugian perusahaan asuransi akan berkurang.
Sistem tracking online seperti ini sudah dapat dilakukan di Indonesia. Salah satu perusahaan yang penyedia system ini adalah PT Streetdirectory Indonesia dengan pengalaman implementasi Tracking System di Singapura, Malaysia dan Australia. Tertarik dengan sistem seperti ini, klik link berikut untuk informasi lebih detail :

http://test.street-directory.com/downloads/corporate/trace%20master.pdf

Username : corporate

Password : sdcorp

3 thoughts on “Online Vehiche Tracking System

  1. Pingback: Online Vehiche Tracking System | Handri Sunjaya

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s