Anonymous Proxy.. Apa dan Bagaimana?

Diawal bulan April yang lalu kita dihebohkan dengan adanya pemblokiran situs-situs yang dianggap tidak layak di tampilkan di Indonesia. Tapi ternyata pemblokiran tersebut masih dapat ditembus dengan mudah salah satunya dengan menggunakan Proxy. Apa sebenarnya Anonymous Proxy. Berikut adalah penjelasan singkatnya

PROXY

Proxy sebenarnya adalah  sebuah applikasi yang digunakan untuk menyimpan webcache sementara di memori (server) nya sampai tidak ada yang mengakses lagi. Jadi jika kita kembali menggunakan file cache tersebut dan mengunjungi websites yang sama maka komputer tidak akan mendownload semua kontent yang ada di server tersebut karena sebagian besar isinya sudah disimpan pada file cache tadi sehingga menambah kecepatan download dan loading sebuah websites. Konfigurasi proxy dapat dilihat pada gambar berikut:

Dengan demikian penggunaan proxy sebenarnya tidak menghubungkan kita dengan internet secara langsung. Jika kita mengakses http://www.detik.com dengan sebuah browser maka browser yang kita gunakan akan meminta proxy untuk mendownload kontent yang ada pada detik.com. Proxy menyimpan kontent web tersebut pada file cachenya secara bersamaan kemudian jika kita ingin kembali mengakses detik.com Proxy akan membaca file cache tersebut terlebih dahulu sebelum mendownload file-file lainnya dari internet.

ANONYMOUS

Anonymous dapat dikatakan adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyembunyikan identitas agar tidak diketahui orang banyak. Jadi dapat kita artikan bahwa Anonymous Proxy adalah proxy yang digunakan untuk menyembunyikan identitas sebenarnya dan tidak diketahui darimana asalnya saat kita melakukan browsing. Identitas apa saja yang disembunyikan ? dan untuk apa disembunyikan ? identitas yang disembunyikan biasanya adalah IP Address dengan tidak mengirimkan HTTP_X_FORWARDED_FOR kepada remote host, Browser yang dipakai, Sistem Operasi yang digunakan dan Lokasi pengguna. Biasanya penyembuyian identitas digunakan untuk mengawasi pengguna internet (spamming, dll) dan juga untuk mencari jalur lain dari pemblokiran sebuah websites.

MENGGUNAKANNYA ?

Untuk menggunakna Anonymous Proxy yang dilakukan pertama kali adalah membuka alamat menyedia Anonymous Proxy tersebut melalui browser. Ada banyak penyedia yang memberikan layanan gratis ada juga yang trial 30 hari bahkan ada juga yang minta di bayar. List/Daftarnya klik disini. Salah satu contonya adalah http://spysurfing.com/index.php? kemudian tampil halaman seperti berikut :

Ketikan alamat websites yang memblokir IP anda / yang mau diamati misalnya http://ubuntu.com centang pilihan-pilihan yang mau di gunakan atau tidak. Kemudian klik Start Surfing. Tunggu sebentar maka akan muncul tampilan webnya seperti sediakala :

BAGAIMANA CARA KERJANYA ?

Seperti yang dijelaskan diatas Proxy menyimpan cache content sebuah websites pada memori di Server. Untuk kasus ini server Proxy berada pada http://spysurfing.com/index.php?. Waktu kita mengetikan alamat web htt://ubuntu.com pada halaman http://spysurfing.com/index.php? artinya kita meminta pada http://spysurfing.com/index.php? untuk mendownload kontent yang ada pada http://ubuntu.com. Kemudian http://spysurfing.com/index.php? menjadikan halaman http://ubuntu.com sebagai bagian darinya. Sekarang kita mengakses http://ubuntu.com secara langsung melalui http://spysurfing.com/index.php?.

One thought on “Anonymous Proxy.. Apa dan Bagaimana?

  1. Pingback: Bacaan Orang Iseng «

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s