Membedakan Peta Vektor dan Peta Raster

Kalo kita mau memodifikasi peta, kita perlu mengetahui jenis apa peta yang diinginkan. Ada dua macam peta yakni peta vektor dan peta raster.

Peta Vektor seperti dilihatkan pada gambar 1 terdiri dari titik, garis, dan area polygon. Bentuknya dapat berupa peta lokal jalan.

Peta Raster adalah peta yang diperoleh dari fotografi suatu areal, foto satelit atau foto permukaan bumi yang diperoleh dari komputer. Gambar 2 menunjukan contoh peta raster yang diambil ari satelit cuaca.

Salah satu varian dari peta raster adalah peta hasil scanner atau scan map. Sewaktu kita melakukan scan pada sebuah kertas maka terjadi proses konversi menjadi peta raster digital yang dapat digunakan sebagai sebuah layer pada peta.

Gambar 1 Peta Vektor yang menggambarkan jalan, dan batasan Negara

Gambar 2. Peta Raster yang menunjukan awan yang menyelubungi wilayah

Data Raster

Foto digital seperti areal fotografi atau foto satelit merupakan bagian dari data raster pada peta. Raster mewakili data grid continue. Nilainya menggunakan gambar berwarna seperti fotografi, yang di tampilkan dengan level merah, hijau, dan biru pada sel.

Sebuah peta biasanya terdiri dari kombinasi antara data vector dan data raster.

Data Vektor

Ada tiga tipe data vector (titik, garis, dan polygon) yang bisa digunakan untuk menampilkan informasi pada peta. Titik bisa digunakan sebagai lokasi sebuah kota atau posisi tower radio. Garis bisa digunakan untuk menunjukkan route suatu perjalanan atau menggambarkan boundary. Poligon bisa digunakan untuk menggambarkan sebuah danau atau sebuah Negara pada peta dunia. Setiap bagian dari data vector dapat saja mempunyai informasi-informasi yang bersosiasi satu dengan lainnya seperti penggunaan sebuah label untuk menggambarkan informasi pada suatu lokasi.

Gambar 3. Kombinasi peta vector dan peta raster

Data Raster

Foto digital seperti areal fotografi atau foto satelit merupakan bagian dari data raster pada peta. Raster mewakili data grid continue. Nilainya menggunakan gambar berwarna seperti fotografi, yang di tampilkan dengan level merah, hijau, dan biru pada sel.

5 thoughts on “Membedakan Peta Vektor dan Peta Raster

  1. Asslamulaikum..uong plembang…tlong oii kalu ado lokak buku pedoman tentang olimpiade kebumian… kalu ado aku galak….

  2. Assalam’alaikum…
    Maaf pa’ Denny ganggu…saya mau nanya, bapak tau tentang klasifikasi vektor yang digunakan sebagai input data spasial buat MapServer? kalau bapak tau tentang informasi tersebut saya harap bapak mau share informasi tersebut…Terimakasih…

  3. Pingback: Cara Membuat Peta « open your archipelago

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s