Installasi Secara Manual di Ubuntu

Di Ubuntu proses install dan remove program/applikasi sangat mudah dilakukan dengan menggunakan Synaptic Package Manager apalagi kalo terkoneksi dengan internet. Tapi ada kalanya kita perlu melakukan instalasi sebuah applikasi secara manual yang juga bisa disebabkan karena Synaptic Manager gagal melakukan instalasi. Download paket-paket dalam format .deb, .rpm, .tar.gz, .sh, .bin, .exe, kemudian lakukan cara-caranya seperti berikut ini ,

Paket Debian (.deb)

Waktu kita mendownload paket dalam format .deb maka cara singkat untuk menginstallnyanya adalah doble klik kemudian akan muncul tampilan seperti berikut :

Klik Install Package maka package akan terinstall. Cara lainnya untuk menginstall paket debian adalah dengan menggunakan perintah dpkg. Cara mengunakannya adalah seperti berikut misalnya nama paketnya adalah linux-backports-modules-generic_2.6.22.14.21_i386.deb paket tersimpan di folder /media/sda2/Linux/Master/ maka masuk ke terminal sebagai root kemudian ketikan perintah seperti berikut ini :

dpkg -i /media/sda2/Linux/Master/linux-backports-modules-generic_2.6.22.14.21_i386.deb

Packet RPM (.rpm)

RPM adalah packet yang paling populer, paket ini adalah bawaan dari distribusi RedHad, Fedora Core, SUSE Linux dan Mandriva. RPM tidak di support oleh Ubuntu Packet Manager namun ada sebuah perintah yang dapat digunakan untuk mengubah format RPM menjadi format Deb yang di support oleh Ubuntu. Sebagai contoh kita akan mengubah file AdobeReader_enu-8.1.2-1.i486.rpm yang terletak di folder /media/sda2/Linux/Master/ . Masuk keterminal kemudian ketikan perintah berikut :

alien -i media/sda2/Linux/Master/ AdobeReader_enu-8.1.2-1.i486.rpm

Source Package (.tar, .tar.gz, .tgz, .tar.bz …)

Terkadang kita mendapatkan file paket dalam bentuk file berupa source code yang belum di compile. Untuk dapat mengkompile paket tersebut langkah pertamax yang dilakukan adalah meng extract file ke tempat tertentu. Cara yang paling mudah adalah dengan klik kanan filenya kemudian tekan Extract Here.

Kemudian masuk kedirektori tempat file tadi di extrak kita bisa mengeksekusi dengan script ./configure. Kemudian compile dengan perintah make. Seperti contoh sebuah file dengan nama xampp-linux-1.6.6.tar.gz berada di Desktop seperti ini /home/denny/Desktop. File tersebut di ekstrak di Desktop dengan nama folder lammp, maka masuk ke direktori hasil ekstrak tersebut cd /home/denny/Desktop/lammp. Kemudian ketik ./configure di terminal. Setelah itu compile dengan perintah make install. Untuk menghilangkan temporary files gunakan perintah make clean. Untuk uninstall program gunakan perintah make uninstall.

Shell Script Installer (.sh, .bash,..)

Kita bisa menjalankan script shell di terminal dengan perintah sh. Sebagai contoh jika script nya adalah test.sh dan terletak di Desktop maka kita bisa menginstallnya dengan perintah seperti berikut :

sh/home/denny/Desktop/test.sh.

Windows Executeable (.exe)

Jika kita ingin menginstall applikasi windows di Linux kita bisa melakukannya dengan menggunakan wine. Jika wine telah terinstall dengan baik maka untuk menggunakannya dilakukan dengan perintah wine diikuti lokasi file .exe yang akan di eksekusi. Seperti contoh file .exe dengan nama TennisTitansInstall.exe berada di direktori /home/denny/TennisTitans/. Ketikan perintah berikut di terminal :

wine /home/denny/Desktop/TennisTitans/TennisTitansInstall.exe

Kotak dialog instalasi seperti di Windows akan ditampilkan. Lanjutkan seperti biasa…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s