Hati-hati dengan Password Default

Kelalaian kita sewaktu melakukan instalasi biasanya tidak ‘sempat‘ mengubah hal-hal yang default. Settingan default ini ternyata bisa membawa malapetaka bagi kita kalo di manfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Contoh Windows XP misalnya saya yakin software ini adalah SO yang paling banyak digunakan saat ini. Untuk menjebolnya sangat sederhana tinggal tekan Ctrl + Alt + Del bersamaan, kemudian masuk ke menu login ketikan usernamenya administrator dan paswordnya kosongkan saja tinggal enter. Kalo berhasil maka kita sudah menjadi hacker level PlayGroup yang memanfaatkan kesalahan atau keteledoran saat instalasi. Contoh lain adalah menguasai Modem ADSL Speedy misalnya. Caranya mudah tinggal scan IP nya dengan IP Scan software kemudian gunakan browser dan coba username dan password default dari modem bawaan Speedy. Saya akan coba scan Network di wilayah saya dengan Nmap. ini contoh hasilnya :

nmap

Perintah untuk scan alamat IP Address yang Aktive

nmap2

List alamat IP Address yang aktive

Setelah kita mendapatkan list IP yang Aktive pada buka browser kemudian masukan salah satu IP Addressnya. Coba gunakan username dan password default modem speedynya. Untuk mengetahui usernamedan password default Modem ADSL beberapa pabrikan bisa klik disini. Kalo berhasil masuk maka langkah selanjutnya terserah anda.

Jadi tujuan tulisan ini adalah mengingatkan sesama terutama yang pake Speedy supaya jangan biasakan pake username dan password default dari pabrikannya. Karena bisa fatal akibatnya. Bukan mengajak untuk menjadi Hacker.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s