Buat Distro Linux

Rapnux Desktop

Ketika pertama kali menggunakan Linux sering terpikir bagaimana membuat sendiri Distronya. Ternyata nggak terlalu sulit kok. Salah satu metodenya adalah Remastering. Caranya sangat sederhana gunakan applikasi Reconstructor. Untuk menginstall reconstructor download aja applikasinya di http://reconstructor.aperantis.com/ untuk versi debiannya. Saat tulisan ini dibuat versi terakhir adalah reconstructor 2.7 dengan ukuran sekitar 191 KB. Setelah di download maka install reconstructor. Masuk kedirektori dimana reconstructor disimpan kemudian ekstrak paket dengan mengetikan perintah perikut dpkg -i reconstructor_2.7-all.deb jangan lupa masuk sebagai root. Tentukan ruang kerja misalnya /media/sda5/rapnux. Nantinya reconstructor akan membuat tiga directori secara otomatis yakni :

1. initrd tempat mengkompile init yang baru

2. remaster tempat file-file hasil copian dari CD yang di ISO kan

3. root tempat mengcopy file system

Langkah-langkah remastering (Ubuntu 7.10) paling tidak seperti berikut :

1. Jalankan Reconstructor dengan mengetikkan reconstructor pada terminal. Akan muncul tampilan seperti berikut :

Gambar 1
2. Selanjutnya klik Next. Akan muncul tampilan yang menanyakan pilihan tipe Disc yang akan dibuat ada dua pilihan yakni Live CD dan Alternate. Pilih yang Live CD. Kemudian Klik Next

Gambar 2

3. Ditahapan ini kita diminta untuk Halaman Kerja Reconstructor, saya mengunakan /media/sda5/rapnux . Juga tentukan tempat kita menyimpan master file iso ubuntu disini saya menggunakan iso ubuntu 7.10 yang saya letakkan di /media/sda5/rapnux/ubuntu-7.10-server-i386.iso

Gambar 3

4. conteng semua pilihan-pilihan yang berada dibawah Working Directory. Kemudian klik Next

Gambar 5

5. Terlihat diterminal proses sedang berlangsung, berikutnya kita akan masuk ke kotak dialog Customization / utak-atik Reconstructor.

Gambar 5

6. Disini kita bisa mengubah Boot Screen, mengubah LiveCD Splash, Warna Teks Live CD dan Usplash. Untuk itu maka kita membutuhkan file dengan format png dengan ukuran 640 x 400 untuk mengubah usplash. Siapkan juga file-file desain lainnya untuk mengubah attribut lainnya.

7. Dibagian Genome kita bisa mengganti wallpaper, GDM Theme, Spash Screen dan lainnya.

8. Kalo terkoneksi ke Internet kita bisa ngecek repositori yang available dan menambahkannya pada distro yang akan kita buat.

9. Dibagian LiveCD kita mengisikan username dan password pada Distro yang kita buat. Di Module kita dapat menambah paket yang kita inginkan.

10. Kemudian setelah customisasi selesai klik Apply kemudian klik Next.

11. Dikotak dialog selanjutya centang semua pilihan yang diberikan. Tentukan dimana lokasi dan nama file iso hasil remastering yang dibuat. Klik Next maka proses pembuatan segera berlangsung.

Gambar 8

12. Setelah selesai, iso hasil remastering nya bisa di coba dengan menggunakan Vmware atau VirtualBox.

Gambar 8

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s