e-Education Revolusi Sistem Pendidikan

Pernah denger nama web ini nggak ? i-tutor. Seperti sekolah cuma kelasnya dirumah. Siswa cukup daftar kemudian belajar sendiri dirumah dengan fasilitas multimedia dan jaringan internet. Tetap ada tatap muka dan disaat ujian semua juga ujian mengerjakan soal dari tutornya hanya saja caranya sudah tidak konvensional lagi yakni dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan keunggulan teknologi informasi.

eshool5.jpg

Sekolah seperti ini sudah banyak diterapkan dibeberapa negara seperti Singapura dan negara-negara lainnya. Di Indonesia sendiri langkah kongkret pemerintah juga telah ada dengan program Jardiknas. Mungkin ini adalah revolusi sistem pendidikan yang terus terjadi yang merupakan pengaruh dari pergeseran cara melakukan kegiatan. Trend kegiatan manusia sekarang ini adalah menggunakan media elektronik. Tingkat mobilitas yang tinggi menjadikan manusia memilih jalan pintas dengan menggunakan media elektronik. Diawali dengan adanya e-Mail yang mengantikan cara-cara mengirim surat primitif, e-Banking menggeser sistem perbankan tradisional, e-Commerce mengubah paradigma berdagang, dan sekarang e-Education me-revolusi sistem pendidikan tempo dulu. e-Education sebenarnya adalah pemanfaatan Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam proses belajar mengajar.

eschool1.jpg

Applikasi-aplikasi ICT tersebut seperti : e-mail, Web, ChatRoom, Video Conference, Newsgroup, Mailing List, Fax Machine / Computer modem, WAP, Instant Messanger sampai pada Internet Telephony yang di manfaatkan secara optimal via teknologi jaringan komputer. Selain kompetensi yang telah dituangkan dalam kurikulum dapat tercapai, akan ada beberapa Kompetensi baru yang dihasilkan dari metoda belajar seperti ini yakni :

1. Seaching : kemapuan mencari materi melalui mesin pencari seperti google, yahoo, altavista,dll

2. Collecting : kemampuan mengumpulkan bahan seperti MP3, video, grafik, dll

3. Creating : membuat web dan game

4. Sharing : berbagi file di blog dan web pages

5. Communicating : berkomunikasi menggunakan e-mail, chat, IM

6. Coordinating : Workgroup, mailing list

7. Metting : Forum, Chattroom

8. Gaming : Bermain online

9. Learning : Makalah, tulisan, dan jurnal online

10. Sosializing : Kelompok sosial Online

11. Buy and Selling : Jual Beli Online

Para siswa akan terbiasa online di internet sehingga hal-hal diatas dengan sendirinya akan menjadi kebiasaan. Ketika menemukan sebuah permasalahan mereka bisa langsung berkoordinasi dengan teman-teman lainnya melalui workgroup atau mailing list, atau dengan mesin pencari mengumpulkan informasi dan menyimpulkan sendiri permasalahannya. Dari segi efektivitas waktupun akan lebih baik karena tidak mesti datang kesekolah dan menghabiskan banyak waktu. Intinya bagi seorang siswa ia akan mendapatkan fleksibilitas dalam belajar bisa kapan saja dan dimana saja. Begitu juga dari sisi Pengajar / Guru akan sangat membantu proses mengajar karena menggunakan multimedia, sudah nggak jaman lagi guru teriak-teriak didepan kelas, tangan semuanya putih dengan kapur/spidol. Disini guru bisa ngajar dengan duduk santai sambil minum kopi tanpa perlu menghabiskan banyak energi, selain itu waktu akan lebih hemat dan bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lainnya. Bagi sekolah sendiri jelas akan mempermudah proses manajemen karena semua data sudah dalam bentuk digital dan pengelolaannya menggunakan sebuah sistem informasi yang terpadu.

eshool3.jpg

Untuk mewujudkan sistem seperti ini memang tidak mudah dan membutuhkan biaya. Dibutuhkan infrastuktur yang memadai terutama akses internet. Selain itu adalah faktor SDM dalam hal ini adalah tenaga pengajar. Mereka juga harus dibiasakan menggunakan multimedia sebagai sarana pengajar. Hanya saja kita harus tetap optimis karena IT yang dibangun sekarang manfaatnya bukan 1 atau 2 tahun kedepan tetapi 10 sampai 20 tahun kedepan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s