nge Blog yuk…

Blog lagi trend saat ini. Blog sebenarnya hasil corat-coret seseorang tentang apa saja. Kalau dulu orang menuliskan kisah hidupnya di Buku Harian, disimpan dibawah bantal dan dibaca disaat-saat ingin dibaca. Maka Buku Harian di “hari gini” sudah lebih sedikit canggih yakni dengan memanfaatkan teknologi informasi dan internet. Dengan semakin berkembangnya internet maka kita pun dapat dengan mudah mengakses ‘buku harian’ kita dimanasaja, dan kapan saja. Jadi Blog sebenarnya = Anda. Anda (saya, kamu, ente, sodara) artinya Blog adalah diri sendiri. Kalau anda Guru maka Blog = Guru, ketika Anda Presiden maka Blog = Presiden, ketika Anda Peneliti maka Blog = Peneliti, ketika Anda Hacker maka Blog = Hacker. Orang yang nge Blog di sebut Blogger. Salah besar kalo Blogger = Hacker. Mungkin benar kalo salah satu Blogger = Hacker.

Ketika ngisi sebuah workshop Linux di salah satu SMA Negeri di Kota Rantauprapat saya ditanya oleh salah seorang guru, “bagaimana sih pak cara buat blog”. Ya gampang aja, tinggal daftar di WordPress misalnya trus di isi blognya. Apa semudah itu ? Memang seperti itu. Untuk bisa nge Blog nggak mesti ngerti bahasa pemrograman web seperti PHP, HTML, Javascript, CSS, dll bahkan untuk desainnya pun nggak mesti punya ilmu web desainer seperti Photoshop, Corel, atau Macromedia. Karena di Blog ada yang namanya CMS (Content Management System) yang membantu Blogger merancang layout, atribut, fasilitas, dan contentnya. Sangat sederhana dan sangat mudah dipelajari. Sekarang apa yang mau diisi di Blog. Kembali keatas? isinya bisa apa saja, siapa saja tergantung yang punya blog namanya juga catatan pribadi. Bisa pengalaman pribadi, puisi, ayat-ayat cinta, karya ilmiah, teknologi, agama dan keyakinan, bahkan kritik terhadap seseorang pun seharusnya ‘Bebas’-bebas aja. Internet ditemukan di Amerika Serikat sebuah negara demokrasi yang memegang teguh kebebasan berekspresi.

‘Bebas’ disini dalam artian :

1. Menuliskan sumber asli sebuah posting kalau diambil dari referer.

2. Tidak membuat ambiguitas penulisan dengan posting di tempat lain.

3. Menggunakan tata bahasa yang sopan, baik, dan benar.

4. Tidak memberikan informasi yang menyesatkan.

5. Isi dengan hal-hal yang positif.

Yuk kita nge Blog. Kita perbaiki citra Blogger dimata orang-orang yang memandang buruk Blogger.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s