Undang Undang Cyberlaw made in Indonesia

Akhirnya setelah melalui perjalanan panjang Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (UU ITE) di sah kan juga oleh DPR. RUU ITE sebenarnya sudah di ajukan oleh Depkominfo sejak Juli 2005. Entah kenapa kok bisa lama sekali pengesahannya. Mungkin memang seninya di DPR begitu ya… Nggak afdol kalo nggak ngejelimet. Hanya saja pro dan kontra mucul juga, kenapa karena kalo kita baca undang-undangnya itu malah bingung lo, Ini yang buat ngerti IT nggak ya? Situs porno mesti di blokir. Boleh jadi itu hasil bagus katanya untuk moral anak bangsa, apa iya? Ada pasal-pasal tertentu yang sepertinya bisa dijadikan senjata bagi para politikus yang anti di kritik. Seperti pasal 27 ayat 3 :

“Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.”

Wah bahaya kan? Kebebasan ekspresi di Internet jadi di kebiri. Sama seperti eranya Orde Lama dan Orde

Baru. Kemudian di Pasal 34 menyatakan :

(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum memproduksi, menjual, mengadakan untuk digunakan, mengimpor, mendistribusikan, menyediakan, atau memiliki:
a. perangkat keras atau perangkat lunak Komputer yang dirancang atau secara khusus dikembangkan untuk memfasilitasi perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 33;
b. sandi lewat Komputer, Kode Akses, atau hal yang sejenis dengan itu yang ditujukan agar Sistem Elektronik menjadi dapat diakses dengan tujuan memfasilitasi perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 33.
(2) Tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bukan tindak pidana jika ditujukan untuk melakukan kegiatan penelitian, pengujian Sistem Elektronik, untuk perlindungan Sistem Elektronik itu sendiri secara sah dan tidak melawan hukum.

Nah disini “KAMU KETAUAN” nggak ngerti IT nya? Berarti pengguna Software software seperti sniffer, network tracer, script2 (PHP injection), keylogger, bisa kena penjara… Wah mati ni orang-orang IT Indonesia. Nggak bakalan ada deh Ahli-ahli IT lagi nantinya.

Undang -Undang nya udah rampung tapi jelas sekali masih banyak kerancuan dan kekurangan di dalamnya. Mudah-mudahan kekurangan ini bisa diperbaiki kedepannya oleh Bos-bos kita diDPR.

Dowload UU ITE

Dowload Naskah Akademik RUU ITE

3 thoughts on “Undang Undang Cyberlaw made in Indonesia

  1. lah… pengguna Software software seperti sniffer, network tracer, script2 (PHP injection), keylogger bertujuan apa? Kalau suka cuma nyebar yang esek2 doang itu mah bukan ahli IT mas. kalau asik2 aja ngapain takut. tuh liatpasal 34 ayat (2) nya, batasan yang lumayan jelas kok.🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s