COMPUTER punya SEJARAH

Berikut Adalah Cerita di balik Komputer

Jaman Fosil pra sejarah

Percaya gak, di zaman pra sejarah udah ada komputer ???
iya ada komputer disana di Babilonia sekarang namanya Irak, kemungkinan besar di cina juga ada, nama nya Abacus atau Sempoa, mungkin komputer2 tersebut sudah musnah tak bersisa oleh kolonial.

Jadi fosil gak juga…coba jalan-jalan ke Milenium (medan) sana, orang cina masih pake sempoa antik nya dari pada pake kalkulator atau komputer cash register.

Charles Babbage juga pernah membuat mekanik komputer, belum bisa dibilang komputer karena masih pake mekanik semua.

Jaman komputer Dinosaurus sebelum 1970

Jaman dahulu kala sebelum para komputer PC lahir, hidup dinosaurus komputer sebesar gudang, makanan nya listrik ribuan watt, jalan nya lelet kayak truk keberatan badan. Komponen nya pake Tabung elektron sebelum th 1950, th sudah 1960an pake transistor tapi tetap saja body nya sebesar gudang.

Dan yang lebih sedih lagi orang yang menggunakan komputer harus orang terlatih, enggak sembarangan orang bisa pake komputer. Perusahaan super tajir, pemerintahan dan universitas aja yang bisa menggunakan dinosaurus komputer. yang lebih menyedihkan lagi orang yang pake dino yang satu belum tentu bisa pake dino yang laen, masing masing punya cara nya sendiri.

Cara menggunakannya kayak nya harus ngantri deh, misal nya punya itung itungan program harus ngantri dulu bikin SIM card eh punch card, trus masukin ke mesin…setelah dimakan baru keluar hasil nya, kalo salah ya ulang dari awal, kan belon ada SIM isi ulang di sini…jadi harus beli baru lagi.

Yang termasuk fosil fosil dino ini adalah
ENIAC, UNIVAC dll…

Jaman komputer kecil 1970-1980

Jaman ini dimulai dengan komponen yang kecil memakai IC, makan listrik nya lebih kecil, dan ukuran nya gak terlalu besar…tapi tetep aja besar, minimal ukuran lemari pakaian. OS nya kebanyakan udah pake UNIX tapi tetep aja susah bikin program nya btw belun ada monitor yang asik untuk digunakan

OS UNIX dibuat oleh Bell lab, sekarang AT&T tapi dipakai oleh komputer komputer besar aja…belum UNIX buat PC tahun 70an

Embrio PC mulai lahir di sini di tandai dengan kit altair pake prosessor Z80, yang di pake ngoprek sama bill gates & paul alen.

Jaman mikro komputer 1980-1990

Nah jaman ini muncul dan PC (personal komputer), sebenarnya komputer pc pertama adalah apple bukan ibm pc, dibuat oleh Stave Jobs & Steve Wozniak. Kemudian Bill gates & Paul Allen membuat program basic untuk komputer 8088.

Periode ini IBM-PC + DOS merajai komputer kelas jangkrik (karena kalo lagi dipake bunyi hd & disket nya krik…krik…krik…), dilain pihak Apple mulai menjual PC dengan grafik yang ciamik dengan nama Apple MacIntosh. MS Windows sebenarnya sudah lahir tapi masih di anak tirikan karena ya itu anak tiri…disuruh kerja berat aja udah ngos ngosan…baru Windows 3.1 bisa dibisa disuruh kerja berat.

Penyakit virus, trojan mulai berkembang biak di DOS…melalui perantara disket…

UNIX dipakai oleh komputer komputer kelas berat, karena body nya yang besar, masih turunan dino computer, harga sangat mahal. Belon ada OS UNIX yang gratis di sini, OS UNIX yang populer disini adalah SunOS, SCO, AIX, dan HP-UX. Eh sory Sebenar nya universitas Berkeley punya software UNIX BSD yang menjadi basis dari UNIX komersial tadi.

Software opensource sebenar nya mulai di pelopori oleh si gondrong Richard Stallman, dengan proyek GNU nya jauh sebelum Linus Torvald bikin linux. Tapi sayang nya software nya gak populer sebelum linux lahir.

Jaringan Internet belum berkembang di sini, baru mulai dipakai oleh orang orang elit aja di amrik sana…sementara kita masih di jaman jahiliyah tanpa internet.

Jaman reformasi PC 1990-2000

Jaman ini ditandai dengan kelahiran Windows 95 yang di iringi dengan lagu “Start Me UP” nya Rolling Stones, sayang nya Mr. Bill gates lupa bahwa ada terusannya “You Make a Grow Man Cry”, kasian orang-orang sampe nangis nangis pake Windows 95. Orang sampe antri untuk beli Windows 95. Sukses windows di teruskan dengan windows 98, ME, 2000 dan XP, sekarang Vista …

Sayangnya sukses nya juga di ikuti oleh wabah penyakit menular yang sangat berbahaya menjakiti seluruh dunia (Virus, worm, trojan, spyware, spam), sampai sampai jaringan internet down gara gara penyakit virus ini.

Saat ini kalau beli komputer hampir pasti isinya Intel+windows, masih sedikit pilihan lain, sebenarnya banyak OS lain tapi hanya menduduki urutan ke sekian dari partai OS.

Linux lahir dari tangan dingin si Linus Torvald, nyontek dari OS Minix buatan dosen nya Andrew Tanembaum (dosen yang baik OS nya boleh di contek). Dosen nya sempet debat sengit karena linux berbeda filosopi dengan yang di ajarin dosen nya, biasa dosen kalo lagi iri kayak begini…

Beberapa tahun setelah itu temen-temen nya sedunia internet keroyokan membuat OS linux lebih ciamik… Linux mulai berhasil menjadi lirikan IT Admin untuk dipasang di server server nya. Kebanyakan sih install sembunyi-sembunyi gak bilang bos nya, kalo server nya di pasang linux.

Linux saat ini belum menjadi pilihan untuk di pasang di komputer besar… soalnya ya belum kuat aja… maklum masih belajar di TK-SD. grafik nya juga belon asik dipakai bekerja, kebanyakan orang belum tau ada mahlik yang bernama linux. Yang pake linux hampir pasti orang dari akademik, Admin IT, atau orang yang antusias dengan IT.

Di dunia UNIX ada FreeBSD yang populer di kalangan tertentu saja, enggak sepopuler linux sih. UNIX komersial semakin merajai Komputer komputer turunan Dino…harga nya semakin mahal aja…gak kebeli deh.

Jaman ini internet mulai merajai dunia, pertengahan 90an kalo nggak kenal web, chatting, email, ya masih gak gaul. google.com saat ini seakan menjadi web site wajib yang harus di kunjungi. Soalnya google.com yang menjadi mesin pelacak yang paling tangguh.

Jaman Online th 2000-now

Iya semua (hampir semua) nya bisa online pada jaman ini. Ditandai oleh teknologi wireless, teknologi internet, dan software yang semakin beragam.

Lahir barang barang kecil seperti HP, PDA, mp3 player, games konsol, media player, kamera digital yang bisa di kantongin, dan kalau perlu semua nya bisa online ke internet. semua itu isi nya komputer juga…jadi komputer yang dulu segede dino, sekarang sekecil semut…:)) asik juga liat anak SD udah pegang pegang game, mp3 player, hp…

Windows semakin menguasai dengan kelahiran Windows XP, hasil blasteran dari Windows NT & Windows 98, hampir menjadi makanan wajib yang baru pegang komputer. tapi di ikuti penyakir virus, worm yang sekarang semakin meraja rela melalui internet, email, p2p.

Linux mulai di lirik sebagai OS alternatif, Gnome & KDE tampil dengan desktop yang mature, canggih…menyaingi Windows XP, MacOS. Apalagi disini setelah Polisi seakan sok tau ngerazia warnet warnet. yang pakai OS Bjk. Banyak warnet pada mingrasi ke linux atau pakai OS windows “ASLI”. Tapi razia ini belum menyentuh kantor kantor dan pemakai rumahan, padahal ini paling banyak yang pakai OS bjk.

Linux juga mulai dilirik sebagai OS di server server, soalnya sudah bisa menyaingi UNIX dengan harga yang sangat murah. Bahkan banyak yang membuat Linux Cluster, cluster itu komputer keroyokan yang ngerjain tugas tugas yang maha berat.

Sebagai bayangan linux cluster vs server gede gajah (mainframe misalnya) seperti keroyokan Raptor vs T-Rex,…T-Rex tenaga nya memang gede luar biasa…tapi keroyokan raptor akan lebih cepat bekerja.

Vendor UNIX komersial mulai melirik linux sebagai kawan & lawan. yang menyerang linux mulai dari Microsoft sampai SCO. oh Iya SCO ini lucu…sebagai pemegang lisensi UNIX memang dia kebakaran rambut kribo & jengot nya kalau sampai linux bisa menguasai dunia, Unix gak kebagian kue lagi dong…

Padahal siapa yang mau di serang…Linux itu ibarat makhluk ghaib…bisa dirasakan tapi tidak bisa di lihat…gak ada satu pun perusahaan, pemerintah, orang yang meguasai hajat hidup linux…Linux milik publik…jadi siapa yang akan di serang ???…ghostbuster aja belum tentu bisa membasmi linux, apalagi SCO enggak bisa…yang di serang SCO kan IBM sedangkan programmer linux ada di seluruh dunia.

Yang menemani linux labih banyak lagi dari IBM, HP, Sun, oracle, sampai warnet pun mulai ber linux ria…ya free bagi vendor besar, dan gratis bagi IT kecil kecilan.

Vendor UNIX mulai membagi bagi gratis OS nya melihat benefit yang bisa diperoleh dari dunia opensource, di pelopori oleh SUN dengan opensource solaris nya…di harapkan vendor unix lain juga akan membuat opensouce OS nya.

UNIX juga mulai mendapat muka baru dengan dikembangkan nya MacOSX, OS yang ciamik…grafik yang canggih dengan OS UNIX like yang powerfull.

Internet…wah saat ini kalo gak online gak gaul, soalnya hampir semua barang bisa online dari mulai gadget mp3 player, hp, game konsol, wireless hotspot, voip…bisa email, buka web, yang jauh di ujung dunia sana…bahkan alien di planet klingon kalo online bisa di akses dari internet

search engine terbaik saat ini google hampir semua nya bisa di cari pake google, dari kuman, foto, artikel, ebook, film, video, music…dll bahkan profil orang bisa di google dulu…

Tapi tunggu google sedang riset dna search engine jadi semua orang bisa di search DNA nya…wajar aja google sekarang aja punya ribuan komputer cluster terbesar di dunia.

Jaman biokomputer… abad selanjutnya

Silahkan menghayal…hmmm teknologi nya sudah ada hari ini tinggal implementasi nya.

IPv6 yang di kembangkan mulai th 1995 dipakai besar besaran, IPV6 ini memakai 128bit dibadingkan dengan ipv4 yang 32bit, dengan IPv6 ini sepertinya setiap sel tubuh kita bisa di kasih IP🙂, jadi ketauan tuh sel mana saja yang sedang down…

Teknologi komputer juga mengecil bisa seukuran atom, dengan bahan yang tidak lagi di dominasi oleh silikon, bisa saja bagian tubuh kita menjadi komputer…biocomputer…tepat.

Internet juga enggak cuma di dunia yang kecil ini…tapi sudah menjelajah ke ujung galaxy sana…jadi silahkan cari http://www.klingon.com, silahkan kirim email ke pesawat StarTrek, dan hologram confrence dengan Luke Skywalker.

Robot yang bisa bekerja sendiri…dan hidup sendiri…ah aku gak percaya robot yang isi nya komputer + besi bisa hidup…:)) aku gak mau di saingi oleh robot…hehehe, banyak film futuristik banyak mengexpoitasi masalah ini misalnya I robot, The Matrix, StarTrek, StarWars…dll

Sial…aku gak bisa ngumpet lagi di dunia ini…ada gps yang di tanam di tengkuk ini…setiap orang bisa di indentifikasi lagi ada di mana, lagi ngapain, bisa di hubungi setiap saat…wah gak bisa bolos, bersenang senang lagi deh…semua nya ketauan bos…

Eh internet isi nya juga gak cuma email, chatting, web…udah ada voip, video, radio, tv, duit bahkan hologram confrence…semuanya lewat internet…..kita bisa berjalan jalan ke dunia sana lewat internet…

OS juga kayak nya udah bisa multi platform, semua software bisa jalan di semua platform…ini impian tapi kenyataan nya tetap aja ada UNIX, MacOS, Linux, xBSD, Windows… dan semua nya gak saling kompatible…

Hmmm Tapi komputer yang paling canggih di dunia…gak akan bisa di tandingi oleh teknologi komputer paling canggih sekali pun adalah isi kepala kita…aku percaya kekuatan komputasi otak kepala lebih canggih dari pada komputer yang paling canggih…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s